Pernahkah anda mengalami mimpi sadar ?

, , No Comments
Mungkin salah satu dari kita pernah mengalami mimpi sadar. Apa itu yang di maksud dengan mimpi sadar ?, maksud saya disini adalah, dimana kita sadar atau mengetahui bahwa kita sedang bermimpi, dan mimpi itu terasa seperti kenyataan, seolah-olah berada di dunia nyata, atau bahkan kita bisa membuat sekenario untuk mimpi itu, biasanya ketika itu kita berkata dalam mimpi " wah..aku sekarang sedang bermimpi ....!", bahkan kita bisa menghadirkan wanita cantik, mobil mewah, uang yang banyak, atau bahkan terbang layaknya super hero. Dan masih banyak hal-hal lain yang lebih mustahil.


Tetapi perlu diketahui itu semua bukanlah sebuah kelainan, kelebihan, ataupun supranatural. Fenomena ini adalah  merupakan sesuatu yang normal, dan murni science, tidak ada rekayasa, semua orang bisa merasakannya. Dan istilah ilmiah untuk fenomena ini disebut " LUCID DREAM".


Apa itu Lucid Dream ?


Lucid Dream adalah, ya itu yang baru saya jelaskan diatas, mungkin bagi yang belum paham apa itu Lucid Dream, kalian bisa menonton salah satu film Hollywood, judulnya " Inception", yang tokoh utamanya diperankan oleh Leonardo Di Caprio. Di film ini, Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan partnernya, Arthur (Joseph Gordon-Levitt) mempraktekkan espionase ilegal dengan memasuki alam bawah sadar target mereka, dengan menggunakan stratergi dua-tingkat "mimpi dalam sebuah mimpi" untuk mengekstrak informasi penting yang dibutuhkan. Setiap "ekstraktor" membawa sebuah "totem", benda pribadi yang berukuran kecil. Totem milik Cobb adalah gasing yang berputar dalam sebuah negara mimpi. Cobb berjuang bersama memori istrinya yang telah meninggal, Mal (Marion Cotillard), yang memanifestasi mimpinya serta berusaha untuk mensabotase kehidupannya.



Dari Wikipedia, Lucid Dream, (Lucid= Jelas) atau Mimpi sadar (Inggris: Lucid dream) adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932).[1] Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya[2]. Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas[3].
Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.
Mimpi sadar telah diteliti secara ilmiah dan keberadaannya sudah diakui.

Mungkin nanti saya akan membuat postingan lagi tentang hal-hal yang berhubungan dengan Lucid Dream, termasuk bagaimana cara kita mengontrol mimpi, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

give your comment

Diberdayakan oleh Blogger.