Langkah-langkah Mengendalikan Mimpi : Bagian 1

, , No Comments

Kemarin saya sudah membahas atau membuat postingan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Lucid Dream ( mimpi sadar), kalau belum tahu klik disini. Nah...sekarang saya mau memberikan cara mengendalikan Lucid Dream atau Mimpi sadar itu sendiri, mungkin cara-cara berikut akan terasa sulit untuk orang yang malas, apa lagi malas baca tulisan ini tapi tenang aja, cara-cara berikut bisa di lakukan siapa saja, yang terpenting adalah niat dan tekad. Biasanya sih orang yang mengalami mimpi sadar dia itu akan bilang :

"wah tadi malam gue mimpi kayak nyata, gue tau gue lagi mimpi, tapi gue kok ga bisa ngelakuin semau gue yah?"


nah perkataan diatas adalah gambaran bagi orang yang mengalami Lucid Dream, tetapi belum bisa mengendalikannya. Maka dari itu saya ingin membantu anda sekalian yang ingin mencoba mengendalikan mimpi. Coba bayangkan jika anda mampu mengendalikan mimpi, pasti anda akan melakukan hal-hal yang aneh-aneh, klo saya sih bkalan bayangin jadi superhero, bisa terbang, punya kekuatan dll, hahahaha....

Tapi yang perlu diketahui ini bukanlah sihir, paranormal, atau yang sejenis..., ini adalah murni pengetahuan Science, jadi jangan takut kalau anda mencoba hal ini, kenapa saya bilang bgtu..., soalnya mana tau ada yang bilang : " wah ngga ah....ngga mo coba kayaknya pake ilmu2 nih...!!!", nah coba, kalau ada yang seperti itukan repot, maka dari itu saya kasih tau dari sekarang.
Langsung aja tidak pakai lama, berikut adalah langkah-langkah mengendalikan Lucid Dream :

  1. 1. Membuat Dream Journal
  2. 2. Melakukan Reality Check
  3. 3. WBTB
  4. 4. Menjalankan teknik Wake Induce dan Dream Induce (untuk yang level expert)
Untuk hasil maksimal lakukanlah dengan urutan diatas, mungkin pada postingan ini saya akan bahas dua cara saja, yaitu, membuat Dream Journal dan melakukan Reality Check, sisanya pada postingan berikutnya, lanjut....

Membuat Dream Journal

Apa itu Dream Journal ?, Dream Journal kalau bahasa kita sehari hari ya semacam catetan mimpi, jadi maksud saya adalah, dengan membuat catatan mimpi pada saat kapanpun, dimana pun anda bermimpi, jadi siapkan alat tulis seperti buku catatan dan pulpen untuk mencatat mimpi anda, disamping bantal. jika suatu ketika anda bangun dari tidur dan masih ingat jalan cerita mimpi anda, maka segeralah tuliskan di catatan anda, karena mimpi akan mudah lupa jika kita sudah memikirkan hal-hal lain. kalau ada yang tanya 
" apa tujuan Dream Journey ? ", maka saya jawab tujuannya adalah untuk memberi rangsangan pada mimpi, karena semakin sering kita berhubungan dengan mimpi, maka semakin peka kita terhadap mimpi.
disini ada trik untuk memudahkan kita membuat Dream Journal, berikut:
  • Jangan bergerak saat anda bangun tidur, tetap rileks dan santai.
  •  Luangkan waktu anda untuk mengingat mimpi yang baru anda alami, dan jangan memikirkan hal2      dunia, karena bisa membuat ingatan mimpi hilang.
  • Ketika anda mulai ingat, biarkanlah tetap tenang dan rileks hingga jalan cerita mimpi jelas.
  •  jika sudah ingat semua, langsung tulis di catetan anda.
Santai saja karena saya juga masih pada tahap ini...

Melakukan Reality Check

Maksud Reality Check disini adalah aktivitas meyakinkan diri bahwa yang kita alami itu adalah mimpi atau bukan, salah satu prakteknya adalah dengan melakukan hal-hal ini :
  1. Bertanya pada diri sendiri " ini mimpi bukan ya? ", sambil melihat telapak tangan
  2. Pencet hidung, tutup mulut dan mulai bernafas, jika bisa maka ini adalah mimpi, karena di dalam mimpi kita bisa bernapas tanpa hidung dan mulut.
  3. Melihat jarum jam, karena didalam mimpi jam tidak berdetik.
mungkin ini terlihat aneh, tapi secara tidak langsung kebiasaan-kebiasaan diatas akan terbawa ke alam mimpi, karena kegiatan diatas akan segera terekam ke otak, ingat semakin sering memikirkan mimpi, kita semakin peka dengan mimpi.

WBTB

WBTB adalah..., kalau bahasa saya adalah menjebak mimpi, kalau istilahnya adalah mengincar waktu dimana kita banyak mengalami fase REM.
Apa itu REM ?, REM adalah fase dimana kita mengalami mimpi pada waktu tidur.
Tapi penyebaran REM ini tidak rata, pada saat kita tidur 8 jam, REM hanya terjadi setelah 70-90 menit ketika kita tidur, nah itupun REM hanya berjalan 5-10 menit, tetapi pada saat tidur 6-7 jam, REM akan berlangsung selama 45-60 menit, setelah itu balik ke siklus tidur biasa.
Nah manfaatnya adalah kita bisa liat pada jam berapa kita mimpi. 
cara menjebaknya ( haha dah kayak nangkep apaan), katakanlah biasanya kita bngun tidur jam 5, nah sekarang kita buat agar kita bangun jam setengah 4 atau jam 4, pas habis bangun langsung catet mimpi, habis itu coba tidur lagi sambil memvisualisasikan bahwa anda akan sadar di mimpi berikutnya, kalau gampangannya ya seprti menyambung mimpi lah...



mungkin ini aja dulu, BAG 2 saya akan lanjutkan besok...., good luck..

Lanjutan untuk Bagian 2 dapat (klik disini)


Sumber : www.kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

give your comment

Diberdayakan oleh Blogger.